HUBUNGAN
PERDAGANGAN ANTARA INDONESIA DENGAN DUNIA INTERNASIONAL PADA MASA KUNO
A. Pedagangan Dan Pelayaran Di Indonesia Sampai Sekitar Tahun 1500
Letak
kepulauan Indonesia sangat strategis untuk pelayaran dan perdangan dunia
sehingga banyak bangsa lain yang singgah berdagang kekepulauan Indonesia.
Indonesia terletak pada titik silang perdagangan dunia, yang menyebabkan
Indonesia sering dilalui oleh pedagang dari berbagai Negara kehidupan bangsa
Indonesia umumnya adalah bertani dan yang berdiam dipinggir pantai hidup
merangkap sebagai nelayan dalam arus perputaran informasi, terjadi hubungan
antara kebudayaan pedalaman, kebudayaan sungai dan kebudayaan laut, bertemu dan
berhubungan satu sama lain lama kelamaan hubungan itu bertambah luas terutama
setelah kedatang para pedagang dari india dan cina.
Indonesia adalah Negara kepulauan yang sebagian besar
terdiri atas lautan, dan yang terpenting adalah laut jawa yang merupakan
marenostrum atau laut kita sebagai bangsa Indonesia. Laut itu dianggap penting
karena merupakan penghubung penting antar kepulauan di Indonesia. Selain itu
juga adalah selat malaka yang merupakan pintu gerbang yang menghubungkan Negara
Indonesia dengan Negara-negara asia.
Indonesia menjadi terkenal bukan hanya oleh india dan
cina saja, akan tetapi sampai ke yunani orang india menyebut pulau jawa dengan
jawa dwipa (pulau jawawud atau pulau padi), sumatera dengan suarnadwipa (negeri
emas). Orang cina menyebut cho-po untuk jawa.
Bangsa Indonesia juga terkenal sebagai bangsa yang
pemberani dalam mengarungi lautan, karena Indonesia adalah Negara maritime.
Sejak jaman dahulu bangsa Indonesia sudah berlayar mengarungi lautan-lautan
baik besar maupun kecil. Pelayaran pada jaman dahulu masih menggantungkan
kegiatannya pada angin, sebab mereka masih mempergunakan kapal layar oleh
karena itu system angin di Indonesia terutama di jalur-jalur perdagangan sangat
menentukan hidupnya perdagangan.
B. Jalur Perdagangan Di Asia Tenggara Sampai Sekitar Tahun 1500
1. perdagangan kuno di asia atau jalan sutera
Lalu
lintas pelayaran dan perdagangan antara negar-negara diasia juga dengna eropa
sudah ada kurang lebih sejak tahun 500 M. ada dua jalur perdagangan yang
penting yaitu , sebagai berikut:
a.
Melalui jalan darat dari cina melalui Turkestan menuju
laut kaspia kemudian ke kota-kota dagang di pantai timur laut tengah. Jalan ini
dikenal dengan nama jalan sutera.
b.
Melalui jalan
laut dari pelabuhan kanton menyusuri pantai laut cina selatan kemudian ke asia
tenggara. Selanjutnya melalui selat malakla atau selat sunda menuju ke india.
Dari india melalui Persia atau laut merah menuju ke pelabuhan-pelabuhan
antiochia atau iskandariah. Dari iskandariah kemudian menyebar ke kota- kota
besar eropa.
2. jalur perdagangan laut antara asia barat, asia tenggara, dan asia
timur (india, Indonesia, cina)
a.
Sejak jaman
dahulu ketika ketiga Negara di asia ini mengadakan perdagangan, hal ini
disebabkan oleh:
b.
Negara-negara di
asia tersebut letaknya berdekatan satu sama lain, sehingga memudahkan adanya
hubungan.
c.
Bangsa-bangsa di
asia memiliki kesamaan dalam bahasa, adat istiadat, kepercayaan, sehingga
memudahkan untuk berkomunikasi
d.
Bangsa- bangsa
di asia memiliki kepentingan yang hampir sama
e.
Hubungan perdagangan melalui lautan antara india,
indonesa, cina sudah dimulai sejak awal tarikh masehi. India banyak
menghasilkan gandum, permadani, katun, wangi-wangian. Sedangkan cina banyak
menghasilkan perselen yang berupa gerabah, piring serta sutera. Dan Indonesia
merupakan penghasil padi, lada, cengkeh, emas, dammar, serta perak.
Negara-negara ini merasa saling membutuhkan barang-barang yang diproduksi oleh
negar-negara lainnya.
3. peranan pusat-pusat perdagangan disekitar laut tengah sebagai mata
rantai hubungan perdagangan antara asia dan eropa.
a.
Hubungan
perdagangan antara asia dan eropa pada zaman dahulu yang memiliki jarak yang
begitu jauh hanya dapat dilaksanakan dengan melalui daerah-daerah disekitar
laut tengah, serta sebab baru daerah inilah yang dianggap aman untuk berdagang.
Beberapa faktor yang mendorong arus perdagangan antara asia dan eropa adalah
sbb:
b.
kehidupan
bansawan romawi yang sangat mewah. Permintaan barang-barang mewah dari timur
sangat tinggi, yang berakibat keuangan Negara makin menipis, persediaan emas
semakin berkurang, sebab emas merupakan alat pembayaran saat itu,.
c.
pelayaran antara
india dan cina sudah sangat baik yaitu dengan adanya kapal-kapal besar yang
disebut jung.
d.
hubungan dengan
daerah siberya yaitu sumber emas di asia menjadi sulit akibat jalan-jalan yang
rusak berat karena adanya perpindahan bangsa-bangsa dari Mongolia kea rah barat
oleh sebab itu permintaan emas beralih ke Negara-negara timur
Penyebaran agama-agama budha
ke daerah-daerah perdagangan lebih melancarkan perdagangan sebab agama budha
tidak mengenal kasta dalam masyarakat dapat menghilangkan prasangka kebangsaan
yang merupakan penghalang bagi perdagangan dengan bangsa asing.
Perdagangan pada zaman kuno
sudah merupakan perdagangan internasional. Tetapi hanya melalui pantai-pantai
dan pelabuhan-pelahan yang diibarat seperti benang halus disepanjang pantai.
4. letak geografis Indonesia serta peranannya dalam hubungan atau kegiatan perdagangan di asia sampai
sekitar tahun 500.
Letak Indonesia yang
stategis yaitu titik silang lalulintas perdagangan dunia, tentu saja menjadi
tempat pertemuan berbagai bangsa dan kebudayaan. Pulau sumatera jaman dahulu
tidak seluas seperti sekarang sehingga perdagangan seperti dikota-kota
Palembang, jambi, dan medan masih terletak di tepi pantai. Dengan adanya
endapan lumpur-lumpur besar yang mengalir ke timur, maka pantai sumatera
meluas. Seperti telah dikemukakan bahwa pelayaran untuk perdagangan pada jaman
dahulu masih menggantungkan pada keadaan angin, karena mereka masih
mempergunakan kapal layar. Oleh karena itu, selat malaka sangat menentukan arus
perdagangan.
Angin musim barat yang
bertiup dari hindia kea rah pulau sumatera menuju benua Australia, waktu itulah
pedagang-pedagang dari barat berlayar ke timur, yaitu dari india melalui teluk
benggala menuju selat malaka. Sedangkan angin musim timur, angin bertiup kea
rah utara di wilayah laut cina selatan, sehingga pelayaran dari selat malaka
menuju cina banyak dilakukan.
Pelayaran dilaut cina
selatan dan selat malaka merupakan jalan dagang internasional yang tentu saja
memberikan keuntungan dalam hal materi kepada negar-negara dipantai yang
dilaluinya terutama untuk Negara funan dan sriwijaya.
good.......!!!!!!!
BalasHapustpi tambahin lagi datanya yaps
key mba......
Hapus